Laman

Sabtu, 23 Oktober 2010

Biography Radiohead



Biografi Radiohead

Radiohead adalah band rock alternatif Inggris dari Abingdon, Oxfordshire, dibentuk pada tahun 1985. Band ini terdiri dari Thom Yorke (vokal, rhythm guitar, piano, ketukan), Jonny Greenwood (lead guitar, keyboard, instrumen lain), Ed O'Brien (gitar, vocals), Colin Greenwood (bass guitar, synthesizers) dan phil Selway (drum, perkusi). 

Radiohead merilis single pertama mereka, "Creep", pada tahun 1992. Lagu itu awalnya berhasil, tetapi itu menjadi hit di seluruh dunia beberapa bulan setelah peluncuran album debut mereka, Pablo Honey (1993). Radiohead's popularitas naik di Inggris Raya dengan merilis album kedua mereka, The Bends (1995). Album ketiga Radiohead, OK Computer (1997), mendorong mereka untuk ketenaran internasional yang lebih besar. Yang menampilkan suara yang luas dan tema-tema keterasingan modern, OK Computer telah sering diakui sebagai tengara catatan tahun 1990-an.
 

Kid A (2000) dan Amnesiac (2001) menandai evolusi dalam gaya musik Radiohead, sebagai kelompok musik elektronik eksperimental dimasukkan, Krautrock, post-punk dan jazz. Hail to the Thief (2003), sebuah campuran yang didorong gitar rock, elektronik dan lirik terinspirasi oleh perang, adalah album terakhir band utama bagi perusahaan rekaman, EMI. Band pertama enam album, dirilis melalui EMI, telah menjual lebih dari dua puluh lima juta kopi pada tahun 2007. Radiohead secara independen merilis album ketujuh mereka, In Rainbows (2007).

Para musisi yang membentuk Radiohead bertemu saat menghadiri Abingdon School, sebuah sekolah umum anak laki-laki-hanya di Abingdon, Oxfordshire. Thom Yorke dan Colin Greenwood berada di tahun yang sama, Ed O'Brien dan Phil Selway adalah satu tahun lebih tua dan Jonny Greenwood dua lebih muda dari kakaknya, Colin. Pada tahun 1985 mereka membentuk band "On a Friday", nama merujuk pada hari biasa latihan band di ruang musik sekolahan nya, Kelompok ini memainkan pertunjukan pertama mereka pada akhir tahun 1986 di Oxford's Jericho Tavern, Jonny Greenwood awalnya bergabung sebagai harmonika dan kemudian pemain keyboard, tapi ia segera menjadi gitaris.Meskipun Yorke, O'Brien, Selway, dan Colin Greenwood meninggalkan Abingdon tahun 1987 untuk melanjuti ke universitas, band ini terus berlatih sering pada akhir pekan dan hari libur. Pada tahun 1991, ketika semua anggota, kecuali Jonny telah menyelesaikan gelar universitas, Pada hari Jumat dikelompokkan, mulai merekam demo seperti Manic Hedgehog, dan melakukan pertunjukan tinggal di sekitar Oxford. Oxfordshire dan Lembah Thames memiliki scene indie yang aktif pada akhir tahun 1980an, namun berpusat di sekitar band shoegazing seperti Ride dan Slowdive; Pada hari Jumat tidak pernah terlihat sebagai tren pas ini, berkomentar bahwa mereka telah ketinggalan pada saat mereka kembali dari universitas.Namun demikian, sebagai On a Friday pertunjukan live meningkat, rekaman dan produsen menjadi tertarik. Chris Hufford, produser Slowdive dan co-pemilik Oxford's Courtyard Studios, menghadiri konser On a Friday di Tavern Yerikho. Terkesan oleh band, ia dan rekannya Bryce Edge menghasilkan demo tape dan menjadi manajer On a Friday, mereka tetap manajer band untuk hari ini.  Setelah pertemuan kebetulan antara Colin Greenwood dan EMI perwakilan Keith Wozencroft di toko buku di mana Greenwood bekerja, band ini menandatangani kontrak enam album rekaman dengan label pada tahun 1991-an. Pada permintaan EMI, band ini berganti nama untuk Radiohead, terinspirasi oleh judul lagu di album Talking Heads' True Stories.

Discography Radiohead

  • 1993: Pablo Honey
  • 1995: The Bends
  • 1997: OK Computer
  • 2000: Kid A
  • 2001: Amnesiac
  • 2003: Hail to the Thief
  • 2007: In Rainbows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar